Selasa, 31 Desember 2013

Wisata Edukatif di Puncak Gunung Sambil Belajar Bahasa Asing

Mengisi waktu liburan semester dengan kegiatan bermanfaat dan mendidik bisa dilakukan dengan beragam cara tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Sejumlah siswa di polewali mandar sulawesi barat misalnya memanfaatkan waktu liburan mereka dengan cara berwisata ke wilayah pegunungan. Selain bisa menikmati panorama alam yang indah dan asri para siswa juga mengisi liburan mereka sambil belajar percakapan bahasa inggris dengan sesama te,man mereka sendiri.


Ratusan siswa dari berbagai sekolah di polewlai mandar ini mengisi waktu liburan semester mereka dengan cara berwisata ke wilayah pegunungan yang asri indah. Selain bisa menikmati panorama alam pengunungan yang sejuk, para siswa juga memanfaatkan waktu liburan yang menyengakan ini dengan cara belajar percakapan bahasa inggris dengan sesama rekan mereka.

Tak perlu menyewa tenaga instruktur untuk belajar bahasa asing dengan memanfaatkan pengatehuan senior mereka, para siswa yang tetap bersemanagat belajar di musim liburan ini bisa memantapkan pengetahuan dna ketrampilan mereka berbahasa asing dengan mudah dan lancar.

Belajar di alam terbuka seperti ini diakuia para siswa selain menarik dan memancing motivasi belajar/ para siswa juga mengaku bisa dnegan mudah menghapal bentuk-bentuk percakapan bahasa asing. Apa yang mereka pelajari bisa tersimpan di memori kepala lebih mudah dibanding mereka belajar di sekolah yang suasananya serba formal.

Liburan edukatif ini menurut para siswa ini selain biayanya murah, resiko kecelakaannnya kecil. Yang menarik selain berwisata menyenangkan para siswa ini bangga karena bisa pulang ke rumah dan sekolah nantinya pengetahuan dan kecakapan mereka berhasa asing makin mantap.

Intan, salah satu siswi sekolah sma ternama di polewali mandar ini mislanya, emilih berlibur ke wilayah pegunungan bersama sejumkah temannya, saat banyak temannya kini sedang memilih berlibur ke beberapa daerah seperti bali dan yogyakarta menjekang tahuan baru.

Menurut intan, berwsiata ke wilayah pegunungan yang asri dan sejuk bisa membuat suasana batin dna fikiran mejadi lebih fres. Dan yang tak kalah menariknya meski mereka berlibur dan bersantai menikmati suasana alam, intan juga bisa menambah pengetahuan mereka tentang percakapan bahasa asing yang juga bermanfaat untuk meningkatkan pretasinya disekolah.

“Liburannya asik sambil menikmati panorama alam pegunugan yang indah sambil belajara bercakap bahasa asing. Mudah ringan dna cepat hapal percakapannya,”ujar Intan

Agar liburan edukatif ini berkesan dna memberi manfaat pada siswanya, metode belajar bahasa asing dilakkan dnegan beragam cara. Mulai memilih tempat yang nyaman dan indah, metoide belajar santai ini juga dilakukan dengan cara santai sambil bermain. Namun metode ini diakui para siswa membuat mereka lebih mudah mencerna pelajaran bahasa asing dibandingkan dnegna metode belajar ala ceramah di ruangan tertutup seperti di sekolah.

Muhammad taufik instruktur yang memandu para juniornya ini mengatakan suasana liburan di tengah alam pegunungan yang asri dan indah seperti ini cukup memnacing minat belajar anak terhadap bahasa asing, terutama percakapan.

“Suasana alamnya yang menarik dan sejuk, bisa menacing minat belajar siswa dengan cara santai dan ringan,”ujar Muhammad Taufik, tutorial

Meski para siswa ini hanya berlibur satu8 hari di satu tempat berbeda namun saat mereka pulang ke rumah para sisw abisa membawa oleh-oleh pengetahuan berupa kemanpuan percakapan bahasa inggris tanpa harus belajar serius dan membosankan layaknya mereka belajar di ruan tertutup di sekolah. Dengan metode bermain dan santai mereka bisa memahami dengan mudah tanpa merasa sedang belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar