Selasa, 31 Desember 2013

7 Tokoh Inspiratif Dianugrahi Penghargaan

Peringatan hari jadi kota Polewali mandar yang ke 54 tahun di Gedung Nusantara Polewali mandar Sulawesi barat yang diperingati setiap tanggal 29 Desember berlangsung khidmat. Meski digelar secara sederhana namun peringatan HUT Polewali hari ini mendapat apresiasi sejumlah pejabat dan bupati di Sulawesi barat termasuk Gubernur Sulbar, Anwar Adnan saleh.

Seperti biasanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polman menganugrahkan penghargaan kepada tujuh tokoh berprestasi dan dinilai memiliki dedikasi di bidangnya masing-masing. Ketujuh tokoh termasuk seorang jurnalis ini dianugrahi pengharagaan bertepatan dnegan HUT Polewali Mandar karena dinilia telah berjasa membnagunn Polewali mandar.

Ketua Panitia Hari Jadi Polman ke-54, Darwin Badaruddin kepada wartawan menyebutkan tujuh tokoh yang menerima penghargaan yakni  Almarhum. Drs. H. Abdullah Djaga mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Polewali. Beliau diberikan penghargaan sebagai pelopor di bidang pemerintahan. Kemudian Andi Ismail AM yang kini menjabat sebagai Sekkab Polman mendapat penghargaan  sebagai peolopor di bidang reformasi birokrasi. Ismail dinilai berjasa merombak tata birokrasi pemerintahan di Polewali mandar.

Sementara untuk kategori pelopor di bidang kesehatan diberikan kepada drg. Hilma Haryafarty. Hilma saat ini berprofesi sebagai dokter PTT Puskesmas Kecamatan Matangnga. Dokter ini dinilai berjasa memajukan pelayanan kesehatan di desa terpencil. Untuk  kategori pelopor di bidang pendidikan diberikan kepada Almarhum Muhammad Darwis Hamzah. Darwis dinilai menjadi sosok pendidik yang sukses memajukan pendidikan di Polewali mandar.

Kemudian kategori pelopor di bidang lingkungan diberikan kepada  Abdullah yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dusun Kanang Desa Pappandangan Kecamatan Anreapi yang juga sebagai Ketua Kelompok Tani Mesa Kanne. Abdullah dinilai berjasa memplopori pelestarian hutan di wilayahnnya hingga mejadi contoh bagi daerah lainnya.

Jurnalis Radar Sulbar, Muhammad Ridwan Alimuddin juga mendapat penghargaan atas dedikasinya selama ini sebagai pelopor dan penggian bidang kebaharian. Berkat jasa Ridwan Swandeq sebagai perahu tradisonal asal mandar kini dikenal nasional bahkan dunia. Tak heran jika sandeq menjadi peserta tamu kehormatan dalam festival maritim di Perancis dua tahun lalu. Sedangkan budayawan Mandar, Suradi Yasil juga mendapatkan penghargaan sebagai pemerhati dan penggiat di bidang kebudayaan.

Penentuan tujuh tokoh yang mendapat penghargaan ini melalui proses dan penilaian yang panjang dan melibatkan berbagai pihak. Ketujuh tokoh ini ditetapkan sebagai tokoh Insfirator tahun ini karena dinilai memiliki dedikasi dan kepeloporan di bidangnya. Karya para tokoh ini dinilai telah mendorong bahkan  menjadi panutan bagi warga lainnya.

Selain memberikan penghargaan kepada tujuh tokoh inspiratif ini, pemerintah juga menganugrahkan penghargaan kepada SKPD-SKPD untuk wilayah bebas korupsi. Selain itu bagi SKPD untuk penataan manajemen terbaik, penghargaan kepada PNS yang dianggap berperstasi dan penghargaan kepada PNS yang telah memasuki purna bhakti selama tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar