Senin, 19 Agustus 2013

Mesjid Over Kapasitas, Warga Manfaatkan Jemuran Padi Jadi Tempat Sholat Idul Fitri


Lantaran mesjid over kapasitas atau tidak menampung jumlah jamaah yang membludak, warga madimeng di kelurahan mamminasae, pinrang, sulawesi selatan memanfaatkan jemuran padi dan kakao untuk melaksanakan sholat didul fitri secara berjamaah. Meski digelar di tempat jemuran padi dan kakao namun tidak mengurangi semangat warga merayakan lebaran tahun ini dengan meriah.


Ribuan warga madimeng kelurahan mamminasae pinrang sejak pagi sekitar pukul 6.00 wita sudah memadati bekas tempat penjemuran padi dan kakao milik sebuah perusahaan penggilingan di madimeng.

Meski sholat id digelar di tempat jemuran padi, karena mesjid over kapasitas atau daya tampung yang melebihi jumlah jamaah/ tidak mengurangi makna lebaran tahun ini. Pelaksanaan sholat id yang digelar secara berjamaah tetap tampak khusu dan khidmad.

Sebelunya tempat berukuran sekitar dua hektar ini telah dibersihkan panitia sehari sebelumnya agar terbebas dari kotoran dan najis hewan seperti anjing dan kambing yang berkeliaran di sekitar lokasi.

Dengan berpakaian baru dan rapih, ribuan jamaah bersama keluraga anak-anak, istri dan suami mereka berbondong-bondong mendatangi tempat-tempat pelaksanaan ibadah yang telah dipersiapkan panitia pelaksana sholat idul fitri tahun ini.

Khotbah idul fitri yang dibawakan ulama setempat mengingatkan kepada para jamaah agar tetap solid dan mengokohkan hubungan silaturrahmi antar sesame, masyarakat dan pemerintah.

Usai mengelar sholat id secara berjamaah, warga kemudian saling bermaaf-maafan dan saling bersilaturrahmi. Agar semua dosa dan kesalahan di masa lalu bisa saling memaafkan dan membuka lembaran hidup baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar