Kamis, 04 Juli 2013

Tedong Doti Senilai Rp 0,5 Milyar ini Ikut Kontes Ternak Tercantik


Luar biasa, Seekor kerbau belang atau yang akrab dikenal warga Mamasa Sulawesi barat dengan  sebutan Tedong Doti, Kamis (4/7) hari ini sedang mengikuti kontes ternak tercantik dan termahal selama dua hari di Polewali Mandar. Harganya tidak tanggung-tanggung mencapai setengah milyar rupiah atau lebih mahal dari sebuah sedan mewah. Bukan daging dan beratnya yang membuat kerbau cantik ini menjadi mahal.  Tetapi warna bulu dan bentuk belangnya serta matanya yang mirip Bule layaknya Turis, asing menjadikan tedong ini bernilai pantastis.
Ratusan peserta kontes ternak tercantik dan terindah se Sulawesi barat Kamis (4/7) hari ini mulai berdatangan di lapangan Campalagian Polewali mandar.  Untuk memenangkan berbagai kategori kontes tahunan ini, Mereka membawa ternak andalan mereka seperti kambing, kerbau dan sapi unggulan dari daerah masing-masing

Kerbau belang atau tedong doti ini misalnya yang memiliki warna bulu  dan motif belang yang cantik dan khas serta bermata mirip  bule  asal kabupaten Mamasa  ini baru saja tiba di Lapangan Campalagian Polewali Mandar. 

Tedong Doti yang diberi nama Melky ini rencananya akan mengikuti kontes ternak tercantik dan terindah selama dua hari di Polewali mandar, bersama ratusan peserta lain dari berbagai kabupaten di Sulawesi barat. Tedong milik Yusron, ini sempat menarik perhatian warga dan peserta lain saat tiba di arena kontes. Meski para peternak lain baru berdatangan, namun Melky disebut-sebut bakal memenangkan kontes ternak tercantik dan terindah tahun ini.

Meski jarak Polewali-Mamasa hanya 90 kilometer lebih, namun  kerbau senilai Rp 0,5 milyar rupiah ini menempuh perjalanan selama dua hari, sebelum tiba di lokasi kontes yang digelar dinas peternakan propinsi Sulawesi barat. Maklum pemilik kerbau  memacu kendaraan cukup berhati-hati, selain karena kondisi jalan yang rusak parah juga karena khawatir  bulu, tanduk dan kuku kerbau miliknya lecet.

Tedong doti yang dihargai cukup pantastis bukan karena ukuran berat atau postur tubunhnya yang super besar. Tapi karena motif belang, warna bulu. Serta mata bule yang dimilikinya membuat kerbau belang ini ditawar Rp 0,5 milyar rupiah, terutama di kabupaten Mamasa dan Tanah Toraja yang menyakini kerbau bermotif belang ini  punya nilai tersendiri. Kerbau jenis ini pernah ditawar di Mamasa dan toraja hingga Rp 1,2 milyar.

Tedong doti kerap dipersembahkan masyarakat Mamasa dan Toraja dalam upacara rambu Solo atau upacara pesta kematian terutama bagi keluarga kaya atau yang memiliki kasta terhomat.  Bagi keturunan bangsawan Mamasa upacara rambu solo baru dinyatakan sah jika mereka memotong tedong doti yang nilainya cukup prestisius ini.

Yusron, pemilik tedong doti yang tengah mengikuti kontes hari ini mengatakan kerbau miliknya sudah bisa laku terutama di Mamasa dan Toraja seharga Rp 0,5 milyar. Kerbau doti yang memiliki bulu dan motif belang yang lebih cantik bahkan bisa diatawa sampai Rp 1,2 milyar. Tedong doti yang diberi nama Melky ini sudah beberpa kali menyabet penghargaan dalam sejumlah kontes yang diikutinya. “Saya optimis Melky bisa memenagkan kontes hewan tercantik yang hari ini,”ujra Yusron.

Sure peternak lainnya mengaku kerbau belang atau tedong doti yang nilainya pantastis dipelihara dnegan cukup hati-hati. Memelihara tedong doti sama seperti menyimpan emas batangan. Kerbau dipelihara layaknya anak sendiri, selain diberi makanan secara teratur kerbau ini juga dimandikan setiap hari di sungai. Tak heran jika warna bulunya mengkilap dan tidak berbau. Sejumlah peternak bahkan kerap member farpum agar aroma kandangnya terasa wangi.

Menurut Sure, untuk mendapatkan turunan tedong doti tidaklah muda. Pasalnya meski tedong jenis ini dikawinkan dnegan tedong serupa, anakannya kerap hanya menghasilkan tedong atau kerbau biasa yang harganya hanya sekitar 15 atau Rp 20 juta per ekor untuk ukuran besar. Sure menilai peternak yang memiliki kerbau jenis ini adalah reski karena tidak semua peternak bisa menghasilkan anakan tedong doti yang cantik meski sudah bertahun-tahun jadi peternak kerbau.

Meski pengumuman pemenang kontes baru akan di lakukan jumat besok. Yusran dan sure berharap kerbau kebanggaan yang mewakili kabupatennya berharap bisa memenangkan kontes dan hadiah jutaan rupiah bisa dibawa pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar