Senin, 27 Mei 2013

Sulbar Resmi miliki Universitas Negeri


Menteri Sekertaris Kabinet Dipo Alam selaku perwakilan pemerintah pusat secara resmi menyerahkan peraturan presiden tentang penegerian Unsulbar atau universitas Sulawesi barat ke pemerintah provinsi Sulawesi Barat dan yayasan pendidikan Indonesia Sulbar.
Hadir menerima perpes penegerian Unsulbar antara lain gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh bersama ketua DPRD Sulbar Hamzah Hapati Hasan, bupati Majene Kalma Katta, penjabat rektor Unsulbar Akhsan Djalaluddin, pejuang pembentukan provinsi Sulbar Makmun Hasanuddin serta sejumlah pengurus Yayasan Pendidikan Indonesia Sulbar ( Yapisbar ) .

Keterangan yang dihimpun menyebutkan penyerahan peraturan presiden penegerian Unsulbar no 36/ 2013 itu berlangsung di kantor kementerian sekertaris kabinet di Jakarta, Selasa (21/05) kemarin.

“ Pak Dipo selaku wakil pemerintah pusat menyerahkan perpres itu ke pak Anwar baik selaku gubernur dan selaku ketua yayasan pendidikan Indonesia Sulbar, tentu ini kabar bahagia buat kita semua, terutama bagi anak – anakku mahasiswa Unsulbar dan secara umum bagi rakyat Sulbar yang sudah lama mendambakan hadirnya perguruan tinggi negeri di daerah kita,” jelas Akhsan yang dihubungi melalui telepon selularnya.

Dalam pertemuan itu Dipo Alam menyampikan sejumlah pesan presiden SBY ke gubernur Sulbar dan rektor Unsulbar agar perguruan tinggi yang baru dinegerikan yakni Unsulbar dan Universitas Langsa di Aceh memfokuskan program pendidikan sesuai potensi lokal.

“ Jadi pesan pak presiden, perguruan tinggi terutama yang baru saja menjadi perguruan tinggi negeri agar lebih mengembangkan potensi lokal” kata mensekab Dipo Alam seperti yang dsampaikan rektor Akhsan Djalaluddin.

Menyambut harapan SBY tersebut, Gubernur Anwar Adnan Saleh dan Rektor Akhsan Djalaluddin menyampaikan jika di Unsulbar sudah terdapat jurusan pertanian dan perikanan yang mengacu sesuai potensi Sulbar sebagai daerah berbasis pertanian dan perikanan kelautan.

“ Kedepan konsentrasi pendidikan kita memang akan lebih mengembangkan potensi lokal tentu juga pendidikan lain dengan target menyongsong era pasar bebas, alumni Unsulbar harus dibekali dengan kemampuan teknologi dan kemampuan bahasa asing,” ungkap Akshan.

Setelah menerima perpres Unsulbar, gubernur Sulbar, Yapisbar dan rektor Unsulbar berharap bisa mendapatkan alokasi dana yang cukup terutama untuk pembangunan fisik dan sarana kampus, rektorat dan fasilitas penunjang perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar