Selasa, 28 Mei 2013

Geng Motor Gelar Sosialisai Pilkada Hingga Bersih Lingkungan


Tak semua geng motor identik dengan pelaku kejahatan seperti tindakan anrkisme, merampok secara brutal, gemar mengganggu ketertiban warga dan aneka tindak criminal lainnya. Di Polewali mandar Sulawesi barat sebuah perkumpulan geng motor yang menamakan diri MMC atau mandar motor club justru mengisi aktifitas merejk dnegan beragam kegiatan positif yang berdampak social bagi masyarakat luas. Salah satunya ikut mensosialisasikan tatacara dan peraturan pemilu dan Pilkada, anjang sana ke panti social dan menggelar bersih lingkungan di berbagai lokasi secara sukarela.
Untuk memperbaiki citra diri di tengah hujatan masyarakat akan keberadaan geng motor yang dipersepsikan sebagaiperkumpulan yang hanya sarat dengan kegiatan hura-hura, tindakan anarkisme, perampokan dan membuat kerusuhan kelompok di berbagai tempat. Geng motor Mandar Motor Club (MMC) Polewali mandar ini mislanya justru sibuk melakukan berbagai kegiatan yang berdampak social ayng luas bagi masyarakat Polewali mandar.

Selain mencerdaskan masyarakat Polewali mandar secara Politik dengan cara melakukan kegiatan kampanye pemilu dan pilkada secara suka rela di berbagai tempat, MMC Polewali juga aktif menggalang perhimpunan bantuan social bagi anak-anak terlantar, orang tua jompo dan anak-anak putus sekolah yang memerlukan bantuan dana. Mereka juga kerap melakukan anjang sana ke panti-panti social seperti panti asuhan dan panti jompo untuk member semnagat para penghuni pantai agar tetap tegar dan bersemnagat menghadapi hidup.

Selain itu MMC yang juga melibatkan sejunmlah anak-anak pejabat di Polewlai mandar ini kerap melakukan bersih lingkungan di pemukiman penduduk sambil mengajak warga agar sadar lingkungan dan tetap menjaga kebersihan sebagai salah satu syarat hidupo sehat.

MMC misalnya menggelar bakti social di kawasan pemukiman padat di kelurahan Mnading Polewali mandar, Senin (27/5) hari ini. Mereka tak hanya melakukan aksi tanampohon untuk menghijaukan lingkungan. Tapi juga menata dan membersihkan terutama fasilitas public agar tampak Indah dan bersih.

Menata taman dna memberishkan sampah-sampah yang tidak berguna untuk mempercantik situasi lingkungan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan MMC secara berpindah-pindah di berbagai lokasi di Polewali mandar.

Usman Padong, coordinator MMC Polewali berharap citra burukyang melekat pada geng motor saat ini tidak sampai mengeneralisir semua perkumpulan geng motor. Alasannya banyak geng motor yang justru memiliki kegiatan yang berdampak positif terhadap public, salah satunya adalah yang dilakukan oleh club motor miliknya. Meski MMC kerap jalan berombongan hingag 100 motor namun Usman membnatah kelompoknya tak pernah terlibat tindakan anarkisa atau tindak kejahatan lain yang mengganggu ketertiban umum.

Yusri, salah satu anggota geng motor MMC lainnya mengaku snagat terpukul dnegan citra buruk yang melekat pada geng motor saat ini. Ulah geng motor yang kerap terlibat membuat keributan, merampok dan tindakan criminal lainnya menurut Yusri sangat disesalkan. Menurut Yusri perkumpulan atau oragnisasi paguyuban apa pun namanya selau bisa berdampak positif vagi masyarakatb luas tergantung bagaiman bentuk dan isi kegiatan di dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar