Senin, 28 Januari 2013

Semburan Air Tawar di Pantai Hebohkan Warga Polewali Mandar


Semburan air tawar di bibir pantai hebohkan warga Takatidung Polewali mandar, Sulawesi barat sejak dua hari terakhir. Air yang dipercaya sebagian warga sebagai air suci tersebut kini tidak hanya dimanfaatkan untuk sumber air minum tapi juga diyakini semburan mata air tiba-tiba tak jauh dari pemukiman warga ini dipercaya sebagain warga bisa menyembuhkan beragam penyakit.
Mata air yang meyembul di pantai Pajjala, kelurahan takatidung Polewali Mandar Sulawesi barat sejak dua hari terakhir tidak hanya menghebohkan warga takatidung, namun warga dari kecamatan lain seperti polewali dan Binuang yang penasaran dnegan sembulan air di sekitar pemukiman penduduk di takatidung ini terus berdatangan ke lokasi untuk menyaksikan secara langsung.

Semburan air yang kini telah dibentuk menyerupai sumur berdiameter 80 centimeter lebih ini kini dimanfaatkan warga tidak hanya sebagai sumber air minum gratis di pemukiman mereka, tapi juga dimanfaatkan sebagain warga sebagai obat. Terutama penyakit kulit seperti gatal-gatal, panu kudis dan penyakit kulit lainnya. Sebagian warga mandi karena yakin mata air yang menyebul tiba-tiba ini berhasiat bagi kesehatan.

Hasnia, salah satu warga yang mengunjungi semburan air yang dipercaya memiliki khasiat ini menafaatkan kesempatan dengan cara mandi di tengah kerumunan warga untuk mendapatkan air dari lokasi semburan air. Hasnia penyakit gatal-gatal yang dideritanya cuku lama sejak perubhana cuacar dua pecan terakhir bisa sembuh dnegan cara mandi air suci ini. “Saya percaya ini bukan air sembarang tapi punya khasiat seperti menyembuhkan beragam penyakit kulit,”uyjar hasnia.

Lain lagi dengan Yusrianto, semburan air di bibir pantai ini dipercaya higienis bagi kesehatan. Menurut Yusrianto, air bersih dan dipercaya suci ini bisa diminum langsung tanpa harus dipanasi terlebih dahulu. Untuk meyakikan warga lainnya jika sumber air yang menghebohkan warga ini bersih, Yusrianto bahkan mempraktekkan denagn cara minum langsung air yang baru ditimba. Meski belum melalaui uji laboratorium namun yusrianto percaya air semburan di pantai takatidung ini sama bersihkanya dnegan air kemasan botol yang dijual di toko atau warung-warung. “Airnya bersih dan sehat, bisa diminum langsung tanpa harus dimasak lebih dahulu,”ujar Yusrianto sambil mempergakan dnegan cara minumnya.

Cerita semburan air bersih dan dipercaya suci oleh sebagain warag ini mulai menyebar dan menjadi buah bibir bagi warga POlewali mandar. Tak heran jika ratusna warga terus berdatangan ke lokasi ini. Sebagian datang hanya ingin melihat dan dan membuktikannya sendiri, sebagain juga datang karena percaya air semburan ini suci dan bisa mendatangkan kahsiat bagi siapa saja yang memanfaatkannya.

Hingga kini pemerintah setempat belum turun tangan untuk menjelaskan asal usul sumber air yang kini menjadi buah bibir di Polewali mandar. Belum ada penelitian apakah air yang dipercaya higienis dan suci ini sehat dan bermanfaat untuk kesehatan seperti yang dipercaya sebagain warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar