Selasa, 01 Januari 2013

Libur Awal tahun, Jalan Wisata Pantai Mampie Antri 3 Kilometer Lebih

Pantai Mampie. Animo masyarakat mengisi liburan awal tahun mereka membuat sejumlah objek-objek wisata di Polewali mandar, Sulawesi barat terjebak kemacetan panjang hingga berkilo-kilometer. Objek wisata pantai Mampie yang menawarkan pesona pantai dengan pasirnya yang bersih dan hutan mangrovenya yang kaya dengan species burung cantik membuat jalan sepanjang tiga kilometer lebih menuju ke wisata ini macet merayap. Akibatnya ribuan warga terpaksa harus mengantri di tengah deretan panjang kendaraan untuk bias sampai ke lokasi wista kebanggan POlewali mandar ini.

Jalan sepanjang tiga kilometer lebih sebelum tiba di lokasi wisata bahari pantai Mampie Polewali mandar hingga Selasa (01/01) sore tadi terjebak kemacetan panjang hingga berjam-jam. Jumlah pengunjung yang membludak dan kondisi jalan yang sempit dan belum diaspal makin memperparah kemacetan panjang setiap hari raya atau hari libur nasional di lokasi ini.

Muh Yoesri Tomakappa, kepada kompas.com menyebutkan kondisi jalan yang sebagain rusak dan belum diaspal menuju ke lokasi wisata pantai Mampie menjadi pemicu utama macetnya kendaraan pengunjung yang akan mengisi liburan mereka. Ruas jalan yang sempit serta jumlah pengunjung yang membengkak hingga 300 persen dibanding hari libur biasa membuat antrian panjang kendaran seperti motor dan mobil pengunjung tak bias dihindari.

Banykany pengendara motor mapun mobil yang tak sabar dan kerap menyalip makin memperparah kemacetan. Meski jarak kota Polewali dnegan objek wisata kebanggan mandar ini hanya berjarak sekitar 30 kilometer, namun untu smapi ke lokasi pengunjung harus bersabar mengemudikan kendaran mereka dua hingga tiga jam lebih.

Kebersihan pantai Mampie yang membentang hingga tiga kilometer, serta suasana pantainya yang sejuk dan ombaknya yang bersahabat menjadi alasanbanyak pengunjung memilih lokasi wisata ini untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan mereka.

Aneka jenis makanan alami seperti jagung bakar, kelapa muda dan ikan bakar segar yang disediakan penduduk setempat menjadi salah satu magnet yang menarik warga berkunjung ke lokasi ini. Tak heran jika lokasi ini pada hari raya nasional dan awal tahun baru seperti hari ini selalau disesaksi pengunjung.

Sayangnya kondis jalan yang semit dan sebagian belum diaspal mulai membuat sejumlah pengunjung gerah. Pasalnya untuk sampai ke lokasi ini mereka harus antri berjam-jam di bawah terik matahari dan asap kendaraan.

Kemacetan panjang satu arah menuju ke lokasi wisata Mampie ini membuat sejumlah pengunjung yang akan meniggalkan lokasi wisata Mapie tak bias serta merta meniggalkan lokasi. Pasalnya mereka harus menunggu kesmepatan sampai kendaraan yang datang berkurang atau bias melintas dari arah berlawanan agar tidak terjebak kemacetan panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar