Kamis, 19 Juli 2012

Muhammadiyah Sulbar Gelar Tarwih Serentak


Ramadhan. Meski pemerintah menetapkan awal puasa jatuh pada hari Sabtu (21/7), Namun ribuan jamaah muhammadiyah di Sulawesi barat, Kamis (19/7) hari ini serentak menggelar shalat tarwih secara berjamaah. Di Polewali Mandar dan Majene mislanya ribuan ummat Islam sudah mengelar shalat tarwih secara berjamaah di sejumlahmesjid. Meski berbeda keyakinan namun ukhuwah islamiyah dan semangat toleransi beragama di wilayah ini tetap terjaga. Terbukti ummat islam yang belum menggelar tarwih malam ini tetap menghargai ummat islam yang sudah melaksanakan tarwih lebih awal.

Di mesjid Utsman bin Affan Mambulilliing Kelurahan Lantora Polewali mandar mislanya, Ratusan ummat islam di sekitar lokasi mesjid ini sudah menggelar shalat tarwih secara berjamaah lebih awal. Tak hanya kalangan orang tua anak-anak dan remaja pun tampak antusias mendatangi mesjid guna menggelar shalat isya yang dilanjutkan dengan sahalat tarwih berjamaah. Sejumlah warga tampak datang berombongan bersamakeliarga dan anak-anak mereka.

Muhammad Syukri, warga Pekkabata Polewali mandar yang ikut melaksanakan shalat tarwih secara berjamaah malam ini mengaku menghargai sikap ummat islam di sulawesi barat yang belum melaksanakan tarwih malam ini. Perbedaan keyakinan dalampenetapan awal tarwih menurut Syukri tak perlu dibesar-besarkan sebaba itu masalah keyakinan pribadi ummmat islam masing-masing. “Yang percaya dan yakin malam ini seabagai awal tarwih silakan shalat tarwih yang tidak yakin juga tidak masalah. Yang salah kalau tidak ada yang shalat tarwih selama sebulan,”ujar Syukri.

Sementara sejumlah ummat Islam yang menuggu hasil isbat majelis ulama petang tadi sempat mennunggu pengumuman resmi daripemerintah di setiap mesjid-mesjid. Di mesjid Dakwa Polewali mandar mislanya ratusna ummat Islam yang usai shalat Isya sempat menunggu pengumuman resmi sambil melaksanakan shalat sunnat dan zikir bersama.

Usai shalat isya mereka akhirnya membubarkan diri setelah mendapat pengumuman resmi jika pemerintah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu (19/7)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar