Minggu, 22 Juli 2012

Jepa 3 Rasa Jadi Menu Pilihan Berbuka Puasa


Jepa. Apa menu berbuka puasa anda hari ini? kue khas suku mandar yang terbuat dari parutan ubi kayu, dicampur kelapa parut yang akrab disebut dengan jepam, mungkin bisa jadi referensi menu buka puasa anda. Kue tradisional ini ternyata setiap bula ramadhan menjadi salah satu menu pilihan berbuka puasa bagi warga Polewali mandar, Sulawesi barat. Tiga pilihan rasa jepa yang berbeda yakni manis, asin, dan hambar membuat jepa yang kaya rasa ini banyak disukai warga sebagai salah satu menu pilihan menarik untuk berbuka puasa selama ramadhan.
Waktu berbuka puasa masih tiga jam lagi, tapi antrian warga membeli jepa di pasar sentral pekkabata polewali mandar, sudah terlihat antri sejak pukul 14.00 wita. Makanan khas mandar yang terbuat dari parut upi kayu dicampur dengan gula aren atau garam, umunya habis diserbu pembeli. Anda yang datang  terlambat bisa tak kebagian.

Lisa pedagang jepa puluhan tahun di pasar sentral polewali mandar ini mengaku panen untung selama ramadhan. Omset penjualannya meningkat tiga kali lipat dibanding hari biasanya. Setiap pedagang umunya menghabiskan rata-rata 25 hingga 35 kilogram ubi parut atau setara 200 keping jepa yang diracik dalam tiga rasa berbeda tergantung selera dan pesanan anda.

Dalam sehari, lisa bisa meraup pendapatan  Rp 200 ribu perhari. Pada hal lisa hanya berjualan sekitar 3 jam mulai pukul 14.00 wita dan harus pulang ke rumah mempersiapkan kebutuhan buka puasa untuk keluarganya. Waktu berjualan lisa bahkan lebih singkat tergantung situasi pembeli.

Lisa yang tampak sumringah dibanjiri pesanan jepa dari pelanggannya, minggu siang (22/7) hari ini mengaku senang dan bangga kebanjiran pesanan dari para pelanggan setianya. “Saya senang meski waktu jualan jepa di bulan ramadhan namun jumlah pel;anggannya lebih banyak dan pesanannya dua kali lipat di hari biasa,”ujar Lisa

Harga jepa yang terjangkau membuat kue ini laris manis setiap bulan ramadhan. Dengan uang Rp 2000 anda sudah bisa membawa tiga keping jepa tiga rasa untuk berbuka puasa bersama keluarga anda di rumah. Kue seukuran lingkaran piring bakso ini anda bisa menikmati dalam tiga rasa berbeda yakni manis, hambar dan asin.

Jepa yang menggunakan bahan parutan ubi dicampur parutan kelapa setengah tua dan gula aren dijual seharga Rp 1000 perak untuk 2 keping. Sedang jepa yang hanya menggunakan parut ubi kayu dan kelapa setengah tua ditambah sedikit garam, dijual seharga Rp 1000 untuk 3 keping. Khusus untuk jepa yang rasanya hambar biasa disajikan warga dengan sayuran atau ikan bakar segar.

Bohari, warga polewali mandar menyukai jepa tiga rasa untuk menu berbuka puasa bersama keluarga. Selain karena tersedia banyak pilihan rasa, harganya pun relatif murah dan terjangkau untuk semua kalangan. “Harganyamurah dan rasanya enak , karena jepa adalah salah satu makanna kesukanan saya. Selain untuk makan santi bisa juga untuk buka puasa, Bohari mengaku sebagai penggemar jepa

Sejumlah pedganag jepa di pasar sentral Pekkabata Polewali mandar umunya  hanya menghabiskan waktu dua sampai tiga jam setiap hari di bulan ramadhan untuk melayani permintaan pesanan pelanggannya, namun para pedagang bisa meraup untung Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu perhari.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar