Senin, 30 April 2012

Mengikis Gengsi Institusi, TNI-Polri Saling Gendong


TNI-Polri Damai Pertikaian personil TNI-Polri yang terus meluas di berbagai daerah menyusul pecahnya bentrokan antara aparat tni dan petugas brimob di gorontalo/ pekan  lalu disikapi para petinggi TNI-Polri di Polewali mandar, Sulawesi barat dengan cara menggelar upacara bersama dan aksi saling gendong di tengah lapangan. Aksi yang tidak biasanya ini tentu saja mengundang perhatian warga setempat. Kegiatan yang sedehrana ini diharapkan bisa mengikis gengsi institusi antar personil kedua lembaga secara berlebihan, hingga kerap menimbulkan ketegangan dan gesekan yang tidak seharusnya.

Indahnya perdamaian. Ya, setidaknya ini ditunjukkan ratusan perosnil TNI dan Polri di Polewali mandar dalam menyikapi maraknya insiden bentrokan antar personil tni dan polri di sejumlah tempat di tanah air. Jika rekan mereka di Gorontalo dan sejumlah tempat lain misalnya, sedang terlibat ketegangan pasca pertikaian, para personil TNI dan Polri di Polewali mandar, justru menggelar apel bersama dan saling gendong secara bergantian di lapangan usaia upacara bersama, Senin (30/4) hari ini.

Ulah aparat berseragam hjau dan coklat di Polewali mandar, usai menggelar apel bersama yang digelar secara rutin setiap bulan, mereka justru terlibat saling gendong secara bergantian dari sisi lapangan hingga ke sisi lapangan lainnya. Ini tak hanya dilakukan oleh personil berpangkat bintara atau tamtama, tapi juga dilakukan oleh para perwira, termasuk dandim dan kabag ops polres polewali mandar. Keduanya terlibat saling gendong secara bergiliran di lapangan upacara makodim Polewali mandar.

Tak pelak canda tawa dan senda gurau berlangsung dalam suasana damai dan penuh kekerabatan dan kekeluargaan. Tak sedikit peronil TNI maupun Polri yang sudah berumur lanjut harus bersusah paya menggendong rekan mereka dari institusi berbeda, sambil berjalan tergopoh gopoh untuk mencapai pinggir lapangan.

Kegiatan ini mungkin tampak ringan dan sederhana, tapi membawa dampak yang positif, paling tidak kegiatan ini bisa meredakan ketegangan antar personil dua institusi pengaman negara yang kerap terlibat konplik pesonil karena gengsi institusi yang berlebihan.





Dandim Polewali mandal Letkol Arm Yudhi Murfi  dan Kabag Ops Kompol Muhammad Darwis WTP, mewakili Kapolres polewali mandar menyebutkan. langkah ini adalah upaya untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaaan antar personil kedua institusi TNI dan Polri. “Kegiatan ini sudah rutin kita gelar setiap bulan, ini dilakukandalamupaya membangun kkeerebatan dan persudaraan antar kedua institusi,”ujar Dandim Polewali mandal Letkol Arm Yudhi Murfi.

Kabag Ops Polres Polman, kompol Muhammad Darwis wtp, yang mewakili Kapolres Polewali Mandar menyebutkan, uapaya membangun kebersamaan ini akan terus dipupuk agar suasana kekeluargaan dan kedamaian personil dinatara kedua institusi bisa tetap terpelihara.

Suasana damai dan kekerabatan yang sudah terpelihara antar kedua institusi tni dan polri di Polewali mandar diharapkan makin kokoh dan tidak terusisk dengan berbagai peristiwa atau insiden pertikaian yang melibatkan rekan mereka di tempat lain. Semoga saja upaya perdamaian mereka tak hanya tampak lahiriyah saja, tapi juga menghunjam jauh di lubuk hati mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar