Minggu, 01 April 2012

Jutaan Kupu-Kupu Serbu Warga Kota Polewali

Ribuan kupu-kupu menyerbu warga kota Polewali mandar, Sulawesi barat, sejak tiga hari tereakhir. Serangan kupu-kupu ini terjadi beberapa hari setelah pasca panen raya. Meski tak menimbulkan penyakit berbahaya, namun serbuan kupu-kupu putih pada malam hari ini menyebabkan gatal-gatal dan mengganggu pengguna jalan. Warga yang tak ingin rumahnya jadi sasaran serangan kupu-kupu memilih mematikan lampu dan menutup pintu dan jendela..

Serangan hama kupu-kupu terutama pada malam hari cukup merepotkan warga kota polewali mandar, sejak tiga hari terakhir. Gerompola kubu-kupu yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan ini menyerbu dan mengikuti cahaya lampu kendaraan di jalan raya atau lampu di rumah-rumah warga.

Serbuan kupu-kupu dalam jumlah banyak ini tentu saja menggangggu para pengguna jalan, terutama di malam hari. Sejauh ini kupu-kupuh putih tidak menimbulkan penyakit berbahaya, namun warga yang menyentuh atau dihinggapi kupu-kupu liar ini akan merasakan gatal di sekujur tubuhnya. Namun dengan cara mencuci sabun rasa gatal-gatal bisa disembuhkan.

Warga yang tak ingin rumahnya kemasukan gerombolan kupu-kupu liar memilih menutup pintu dan jendela, serta mematikan lampu di rumah mereka. Warga hanya menyalakan lampu seperlunya saja. Umumnya warga memilih hanya menyalakan lampu taman atau lampu penerang jalan untuk menghindari serangan kupu-kupu. “Setiap ada lampu yang menyala pasti jadi sasaran hama kupu-kupu, makanya kita matikan lampu. Yang kita nyalakan seperlunya saja seperti lampu taman untuk menghindari serangan kjupu-kupu,”ujar Ardi. Warga Polewali.




Tak ingin berhadapan dengan serangan kupu-kupu di luar rumah atau di jalan raya, sebagian warga memilih mengurangi waktu beraktifitas di luar rumah jika tak perlu. “Kalau tidak terlalu penting lebih baik di rumah saja daripada berhadapan serangan hama kupu, badan bisa gatal-gatal dan mengganggu perjalanan,”ujar Hasanuddin, warga kota Polewali.

Meski mengganggu pemukiman penduduk dan penggguna jalan, namun serbuan kupu-kupu liar secara masif di kota Polewali mandar ini belum ada upaya pemerintah menanggulanginya. Posted by : Edy Junaedi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar