Minggu, 19 Februari 2012

Lestarikan Burung Cantik, Mampie Jadi Kawasan Margasatwa

Margasatwa Untuk  melindungi aneka satwa langka dan burung cantik dari aksi perburuan liar di desa Rumpa, kecamatan Mapilli. Pemerintah Polewali Mandar tahun ini menetapkan kawasan muara sungai Mampie Polewali mandar, Sulawesi barat menjadi kawasan swaka margasatwa. Lihat : Pemerintah akan mengerahkan aksi penanaman pohon di kawasan ini agar hewan langka seperti biawak raksasa dan aneka burung cantik seperti bagau putih dan bangau hitam yang hidup secara berkelompok di kawasan ini bisa dilestarikan
Kepala Dinas Pariwisata Polewali Mandar, Darwin Badaruddin menyatakan kawasan sepanjang pesisir sungai mampie di Polewali yang kini semakin menarik minat wisatawan asing berkunjung ke daerah hanya untuk menyaksikan keunikan aneka hewan langka dan burung cantik yang hidup di wilayah ini. http://travel.kompas.com/read/2012/02/19/1123001/Beladiri.Kottau.Sarana.Penyebaran.Islam.di.Mandar

Untuk menlindungi pesona kekayaan alam  Polewali yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia ini, pemerintah setempat telah metepakan kawasan sepanjang pesisir Mampie menjadi kawasan swaka margasatwa. Langka ini dilakukan agar aneka satwa langka dan burung cantik asal Australia yang bermigrasi ke Polewali khususnya di sepanjang muara sungai mampie bisa tetap lestari dan menjadi salah satu andalan wisata Polewali di masa datang.

Langka awal yang akan dilakukan pemerintah adalah melakukan aksi penananman pohon di kawasan ini agar hewan-hewan vantik yang hidup secara alami ini bisa tetap betah tinggal dan berkembang biak agar habitatanya tidak punah.

Darwin meminta kepada semua warga agar aksi perburuan satwa langka dan burung cantik secara liar seperti yang terjadi bertahun-tahun di kawasan ini bisa segera dihentikan. “Kita semua berkewajiban melindungi dan memelihara aneka satwa langka tersebut agar terhindar dari kepunahan,”ujar Darwin. (Posted by : Edy Junaedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar