Minggu, 12 Februari 2012

Kapal Pesiar Orion II Sandar di Rumpa

Kapal pesiar Orion II yang membawa lebih dari 100 wistawan mancanegara, Minggu hari ini pukul 3.00 wita dijadwalkan akan merapat di desa Rumpa, Polewali mandar.  Para wistawan pecinta lingkungan dan satwa langka ini akan menyusuri muara sungai Mapilli untuk mengabadikan sejumlah satwa langka dan burung cantik yang masih tetap lestari di lokasi ini.  Mereka juga akan menyambangi sejumlah dusun di desa rumpa untuk menyaksikan aneka keunikan budaya setempat.
Kapal pesiar mewah yang membawa turis asal Australia, Amerika, Kanada, Inggris dan jerman ini sandar di pantai Mampie,. Selanjutnya mereka akan menyusuri sungai Mampie menggunakan perahu karet secara berombongan. Di sepanjang perjalan menyusuri sungai dari hilir ke hulu, para Turis ini akan mengabadikan satwa langka dan burung cantik seperti biawak raksasa dan burung bangau hitan dan putih yang terbang secara berkelompok.

Sungai Mapilli sendiri termasuk dalam peta garis wallace yang membentang dari australia ke sejumlah wilayah di iondonesia termasuk polewali mandar. Garis wallace merup[akan alur migrasi berbagai jenis burung asal ustrali ke Indonesia dan sebaliknya terutama pada musim tertentu.

Aneka ragam satwa langka yang masih tetap bertahan dan bermigrasi seacara bergantian pada musim tertentu menjadi daya tarik bagi wistawan pencinta lingkungan dan budaya ini.

Usai menyusuri sungai Mapilli, para wisatawan asing ini akan berkunjjung ke sejumlah dusun di desa Rumpa. Meraka akan menyaksikan sejumlah tradisi dan buadaya unik setempat seperti kuda yang pandai menari. Adu kambing dan seni bela diri khas suku mandar yang dikenal dengan sebutan Kottau atau dalam bahasa indonesia disebut pencak silat tangan kosong. Berbagai tradisi unik yang masih tumbuh hingga saat ini menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke wilayah ini.

Kepala dinas pariwisata Polewali Mandar, Darwin Badaruddin memebenarkan kapal pesioar orion II hari ini merapat di Polewali. Darwin berharap kedatangan wisatawan di Polewali bisa mebawa dampak positif bagi industri parisiata di Polewali. Darwin berharap perbaikan infrastuktur dan penyediaan layanan wisatawan bisa dilakukakan warga dan pemerintah. Paling tidak bisa membuka usaha dan lapangan kerja baru di sektor pariwisata.  (Posted by : Edy Junaedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar