Sabtu, 05 November 2011

Stok Habis, Peternak Sapi Tolak Pembeli Hewan Qurban

Permintaan Sapih Qurban di polewali mandar, sulawesi barat sejak dua pekan menjelang lebaran meningkat hingga 50 persen lebih. Stok sapi terutama sapi jantan untuk umur dua tahun ke atas di sejumlah sentra peternakan tradisonal kehabisan stok atau sudah laku terjual sepekan menjelang idul adha. Sejumlah peternak menolak pembeli lantaran stok sapinya habis terjual.


Meski harga sapi rata-rata naik satu hingga dua juta rupiah perekor, namun permintaan sapih, terutama sapih umur dua tahun ke atas di sejumlah sentra peternakan sapih tradisional di Polewali mandar meningkat hingga 50 persen lebih.
.

Muhammad Nurdin, anggota kelompok peternak di kelurahan Takatidung Polewali mandar ini misalnya terpaksa menolak sejumlah pelanggannya yang hendak membeli sapi qurban lantaran stok sapi di kelompoknya sudah habis terjual. Umumnya sapi terutama sapi jantan untuk umur dua tahun ke atas di kelompok peternak milik Nurdin ini hanya dijaga dan dipelihara hingga sampai hari lebaran mendatang. Sebagian sapi lainnya telah dipanjar pembeli sebagai tanda bukti jadi “Sebagian sapih disini sudah dibayar lunas, lainnya sudah dipanjar sebagai tanda jadi, nanti pada hari lebaran baru sapinya diambil,” ujar Muhammad Nurdin, peternak sapih di Takatidung..





Umumnya sapi-sapi qurban ini sudah habis terjual sejak dua pekan menjelang lebaran. Pembeli sapi qurban tahun ini tidak hanya datang dari pembeli lokal Polewali tapi juga pembeli dari luar kabupaten seperti Majene dan Pinrang Sulawesi Selatan.

Tak hanya permintaan sapih yang meningkat, harga sapi pun naik rata-rata satu juta rupiah hingga per ekor. Umumnya harga sapi jantan umur dua tahun dijual Rp 7,5 juta hingga Rp 8,5 juta per ekor. Pada hal sebelumnya untuk umjur sapi yang sama hanya dijual hanya Rp 6 jutaan per ekor.
Meski harga sapih naik cukup tinggi, namun permintaan sapi qurban sejak dua pekan terakhir tetap tinggi.

Sejumlah peternak menyebutkan, stok sapi lokal untuk kebutuhan warga Polewali sebetulnya sudah cukup, hanya saja banyak pembeli dari luar daerah seperti Majene dan Pinrang yang datang membeli sapi di Polewali.

Para peternak di polewali menjamin sapih-sapih qurban yang ditawarkan kepada konsumen bebas antrak dan tidak bermasalah atau sehat untuk dikonsumsi. Alasannya sapih-sapih mereka setiap saat dikontrol petugas dinas peternakan setempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar