Selasa, 11 Maret 2014

Ratusan Surat Suara Rusak Ditemukan KPU Majene

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene Sulawesi barat menemukan ratusan surat suara yang rusak seperti Robek, penuh bercak tinta dan tergores hingga wajah caleg tak jelas. Meski proses sortir surat suara masih tengah berlangsung namun petugas sudah menemukan lebih dari 500 lembar surat suara rusak.


Ketua KPU Majene, Asmanuddin menjelaskan proses penyortiran surat suara yang diperkirakan akan berlangsung selama satu Minggu hingga 12 April mendatang melibatkan 130  petugas sortir yang direkrut KPU dari berbagai kalangan masyarakat termasuk anak-anak pengangguran. Sortir surat suara kini terus dilakukan petugas KPU termasuk memanfaatkan hari libur.

Selama beberpa hari proses penortiran mulai dari pelipatan surat suara sampai pengepakan dalam kardus, petugas sortir KPU telah menemukan 557 surat suara yang dinyatakan rusak karena kondisinya robek, penuh bercak tinta dan tergores hinga foto caleg tak jelas telah diamankan petugas KPU Majane.

Surat suara yang ditemukan rusak dna tak layak pakai tersebut akan segera dikembalikan pada KPU Pusat melalui KPU Propinsi, agar secepatnya diganti, termasuk mengajukan kekurangannya. "Secepatnya kami akan menyampaikan terkait adanya surat suara yang rusak ke KPU Pusat agar secepatnya diganti dan tidak mmepengaruhi proses tahapan pemilu,"ungkap ketua KPU Majene, Asmanuddin.

Jumlah Surat Suara untuk Pileg 2014 yang diterima KPU Majene, sebanyak
453.789 lembar mencakup DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sedangkan jumlah DPT per Januari 2014 sebanyak 105.643 dan jumlah TPS sebanyak 405.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar