Selasa, 11 Maret 2014

Petugas Sortir Surat Suara Digeledah Digeledah Polisi

Ratusan petugas sortir surat suara yang direkrut kpu polewali mandar sulawesi barat dari masyarakat non partai diperikisa dan digeledah ketat petugas kepolisian sebelum mereka dipersilahkan masuk ke gedung tempat pelaksanaan sortir surat suara di gedung kartini bahari Polewali mandar, Kamis (6/3/2014). Penggeledahan petugas sortir ini dilakukan untuk memastikan selama proses tahapan sortir hingga di distribusi ke tps tidak satu pun petugas sortir menyelewengkan surat suara.

Gedung kartini bahari polewali mandar, tempat pelaksana sortir surat suara untuk wilayah kpu Polewlai mandar ini mendapat penjagaan ketata aparat kepolisian di jajaran polda sulselbar.

Ratusan petugas sortir surat suara yang direkrut kpu setempat diperiksa dan digeledah petugas sebelum memasuki gedung kartini. Proses pemeriksana petugas sortir ini dilakukan sebelum dan setelah keluar dari lokasi sortir surat suara. Pinggang dan kantong petugas sortir ini diperiksa teliti oleh petugas.

Sebelumnya setiap petugas yang sudah diberi identitas tersendiri ini juga diwajibkan mengisi daftar absensi dan tanda tangan di depan pintu gedung dan disaksikan petugas kpu dan aparat kepolisian setempat.

Langkah pemeriksaan dan penggeledahan ketat petugas sortir ini dimaksudkan untuk menjamin agar tidak satu pun petugas sortir berpotensi menyelewengkan surat suara untuk kepentingan politik tertentu.

Anggota kpu polewali mandar, Syek Usman menjelaskan  pengaman setiap proses tahapan pemilu hingga hari h pemili 9 april mendatang dimaksudakan agar pemilu di polewlai mandar bisa tetap berlangsung bersih/ luber dan jurdil tanpa diwarnai kecurangan.

Menurut Syek, meski kpu belum merampungkan kesleuruhan proses sortir surat suara namun hingga kamis (6/3/2014) sudah ditemukan ratusna lembar kertas suara suara yang robek, penuh bintik noda dan bergaris. KPU menargetkan paling lambat sepekan mendatang surat suara keseluruhan untuk wilayah polewali mandar sudah bisa dirampungkan.

“KPU masih tengah menghitung berapa total kerusakan surat suara, sebab prose ssortir masih berjalan. Setiap kerusaka akan kami laporkan ke kpu pripinsi untuk ditindak lanjuti,”ujar anggota KPU Polewali mandar, Syek Usman

Surat suara untuk DPR, DPD, DPRD I dan DPRD II untuk KPU Polewali mandar tercatat 304.244 surat suara, termasuk dua persen suara tambahan. Sementara surat suara untuk sulawesi barat 3.556.472 surat suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar