Selasa, 11 Maret 2014

Pemilu Membawa Berkah Bagi Pengangguran

Pemilu tak hanya menjadi ajang pesta demokrasi yang meriah untuk menentukan calon pemimpin bangsa lima tahun ke depan, namun pemilu juga membawa berkah ekonomi bagi warga terutama bagi para pengangguran. Tak heran jika pendaftaran penerimaan petugas sortir surat suara di kantor KPU Mamuju utara yang dibuka kamis malam (6/3/2014) disesaki warga yang ingin menjadi petugas sortir. Meski honornya relatif tak seberapa namun warga tetap antusias menjadi bagian dari kegiatan untuk mensukseskan pemilu di matra.

Ratusan warga menyerbu kantor KPU Mamuju utara sulawesi barat mendaftarkan diri sebagai petugas sortir surat suara membuat petugas kewalahan meghadapai warga. Untuk mencegah terjadinya keributan petugas terpaksa membagi warga5 orang perkelompok.

Antusias warga pasangkayu kabupaten mamuju utara untuk melipat kertas suara membuat petugas yang berjaga di pintu kantor kpu matra tampak kewalahan. Ratusan warga mendaftarkan diri untuk menjadi petugas sortir surat suara tampak berdesakan untuk endaptarkan diri di panitia.

Meski honor pelipatan surat suara hanya Rp 250 perlembar surat suara namun kebnayakan warga pengagguran ini tetap antusias berpartispasi mensukseskan pemilu di matra sambil mendapatkan honor  

Akibat dari membludaknya peserta membuat petugas kpu kewalahan ruangan. Tiga ruangan di kantor kpu mamuju utara yang di gunakan peserta untuk melipat kertas suara tampak sesak warga yang ingin mendapatkan kesmepatan menjadi petugas sortir surat suara sambil mendapatkan honor.

Untuk menjaga kemanan kertas suara agar terhindar dari penyalahgunaan. Setiap warga diwajibkan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Sebelum masuk ke ruangan mereka menjalani pemeriksaan petugas untuk memastikan yang bersangkutan tidak satu pun yang masuk ke ruangan sambil mebawa benda yang bisa mengacaukan jalannhya proses tahapan pemilu ini.

Ketua KPU Matra Ishak ibrahim sh menyambut gembira antusiasme warga untukmensukseskan pemilu di matra. Menurut ishak antrian warga mendaftarkan diri sebagai petugas sortir tidak hanya sekedar untuk mendapatkan honor tapi lebih dari itu antusias warga ini harus dilihat sebagai manifestasi bentuk kebersamaan warga matra dalam mensukseskan pemilu 9 april 2014 mendatang.

“Ini bukan saja karena alasan ekonomi tapi ini harus dilihat sebagai bagian dari upaya warga Matra untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu di Matra,”ujar Ishak ibrahim, ketua kpu mamuju utara.

Kpu matra memperkirakan proses sortir surat suara seperti melipat/ dan mengepak dalam kotak akan rampung 10 hari ke depan.

Surat suara untuk sulbar sebanyak 3.556.472 terdiri dari  surat suara untuk sulbar 871.684, polewali mandar 304.244, mamuju utara 101.674, majene 105643, mamasa 117.378 dan mamuju 242.743 surat suara. Sementara kebbutuhan logistik pemilu lainnya termasuik amplop surat suara dan formulir masih akan menyusul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar