Kamis, 04 April 2013

Tim Ekspedisi NKRI Eksplorasi Laut dan Budaya Lokal Polewali Mandar


Puluhan tim ekspedisi nkri tiba diperairan laut polewali mandar, sulawesi barat hari ini. Tim yang dilengkapi beragam peralatan pelayaran ini rencananya akan melakukan eksplorasi di lepas pantai Polewali untuk menggali keaneka ragaman hayati, flora dan fauna di perairan poleweali. Tim ini juga akan memetakan keaneka ragaman budaya dan tradisi setempat sebagai salah satu asset kekayaan nasional.
Tim ekspedisi nkri yang beranggotakan sekitar 30 personil termasuk para mahasiswa dan berbagai elememn masyarakat yang ikut dalam rombongan tim ekspedisi ini/ tiba diperairan laut polewali mandar hari ini. Kedatangan mereka disambut bupati polewali manda, mandar, Ali baalmasdar, bersama rombongan di pelabuhan tpi polewali.

Usai berkoordinasi dnegan jajaran pemerintah setempat, tim ini rencannaya akan melakukan esplorasi di perairan laut polewali mandar untuk memetakan segala kekayaan dan keaneka ragaman hayati, flora dan pauna yang terdapat di perairan polewali.

Tak hanya itu tim ini juga akan bertugas menginventarisir aneka kekayaan budaya dan tradisi lokal polewali mandar sebagai salah satu cikal bakal kebudayaan nasional. Pemetaan aneka kekayaan laut dan budaya di sepanjang pesisir pantai sulawesi ini diharapkan bisa semakin memperkaya khasanah kebudayaan dan bahari yang tersimpan selama ini.

Koordinator tim ekspedisi, mayor marinir joko fitrianto sesaat setelah mendarat di pelabuhan polewali menyatakan, tim ekspedii yang dipimpinnya akan bekerja selama beberapa hari di polewlai mandar termasuk akan memetakan aneka kekayaan laut dan kebudayaan lokal Polewali mandar. “ seperti di daerah lain, tim ini akan melakukan eksplorasi di wilayah polewali untuk memtakan segala potensi kekayaan dna keaneka ragaman laut dan budaya local Polewali mandar, ujar koordinator tim ekspedisi, mayor marinir joko fitrianto

Cuaca buruk di sepanjang perairan polewlai mandar yang kerap menghambat timmelakukan tugasnya secara maksimal diharapkan selama beberpa hari ke bisa mendukung tugas-tugas tim ini sebelum meniggalkan perairan polewali mandar menuju perairan pare-pare.

Aneka kekayaan laut yang tersimpan di sepanjang perairan polewlai mandar, serta kekayaan budaya lokal mandar yang khas, diharapkan dnegan adanya tim ekspedisi yang akan memetakan kekayaan nusantara ini bisa semakaij terangkat ke permukaan, dan kelak bisa menjadi salah satu aset kekayaan laut dan budaya nasional yang mendatangkan manfaat kepada masyarakat setempat. (Mandar, 04042013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar