Sabtu, 18 Agustus 2012

Mesjid Over Kapasitas, Jemuran Padi Disulap Jadi Tempat Sholat ID


Lantaran kapasitas atau daya tampung mesjid dan musollah diperkirakan tak mampu menampung jumlah jamaah yang membludak, warga kelurahan Maminasae, kecamatan Paleteang Pinrang, Sulawesi selatan, terpaksa menyulap tempat penjemuran padi menjadi lokasi pelaksanaan sholat idul fitri secara berjamaah. Untuk membersihkan tempat-tempat ibadah tersebut, warga mengerahkan petugas pemadam kebakaran agar bisa digunakan berlebaran.

Kapasitas dan saya tampung mesjid dan musollah yang ada di kelurahan Maminasae, Pinrang, Sulawesi selatan, yang terbatas, disiasasi warga dengan cara menyulap lapangan dan tempat penjemuran padi menjadi pusat pelaksanan sholat idul fitri secara berjamaah yang rencananya akan digelar, minggu besok.

Sebelum difungsikan sebagai pusat pelaksanakan sholat id secara berjamaah, lapangan dan tempat penjemuran padi ini dibersihkan warga. Tak ingin repot bergotong royong warga mengerahkan petugas pemadam kebakaran agar proses pembersihan bisa lebih cepat.

Tempat penjemuran di madimeng, kelurahan maminasae pinrang ini misalnya, sabtu sore ini mulai dibersihkan warga. Segala perangkat pendukung seperti sound system dan alat pengeras suara mulai dibenahi pengurus mesjid, untuk mensukseskan pelaksanaan sholat id secara berjamaah, minggu besok.

Animo masyarakat mengikuti sholat id seperti tahun-tahun sebelumnya terbilang cukup tinggi. Terbukti selama ramadhan mesjid dan musollah yang menjadi pusat pelaksanaan sholat tarwih selalu disesaki jamaah. Sebagai jamah terpaksa sholat di luar mesjid dan mushollah karena tak bisa ditampung.

Agar tempat ini tetap besih dari najis yang bisa membatalkan syarat sahnya sholat id,  puluhan warga dan anak-anak akan begadang malam ini untuk menjaga lokasi agar tidak kemasukan binatang seperti anjing, kambing, sapi dan binatang lain yang akan mengotori tempat ibadah.

Saiful, pengurus mesjid taqwa madimeng pinrang mengatakan, pelksanakan sholat id dipindahkan ke tempat penjemuran lantaran daya tampung mesjid melebihi alias over kapasitas. Saat sholat tarwih saja selama sebulan penuh, warga sebagian terpaksa mengelar tarwih diluar karena tak mampu ditampung mesjid yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar