Kamis, 16 Agustus 2012

Bendera Raksasa 60x9 meter Diarak dari Kota Pinrang ke Puncak Gunung Paleteang


Bendera Raksasa. Sebuah bendera raksasa berukuran 60 x 9 meter diarak ratusan warga dan pemuda dari kota Pinrang, Sulawesi selatan dengan berjalan kaki sejauh lima kilometer hingga ke puncak gunung Paleteng, salah satu gunung kebanggaan warga Pinrang. Arak-arakan bendara sepanjang jalan ini cukup mendapat [erhatian warga di sepanjang rute jalan yang dilalui. Pengibaran bendera di puncak gunung merupakan salah satu bentuk pemuda memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme yang selama ini makin pudar.
Beragam cara warga memaknai hari kemerdekaan yang diperingata warga dan pemerintah secara nasional setiap tanggal 17 agustus. Ratusan pemuda dan warga Pinrang mislanya memaknai kemerdekana dengan cara mengarak bendera terbesar berukuran jumbo 60x9 meter meter dari lapangan Lasinrang kota Pinrang menuju puncak gunung paleteang. Meski berpuasa ratusan pemuda dan warga ini tampak bersemangat mengarak bendera sambil berjalan kaki dari kota hingga mendaki di puncak gung paletang setingga 1000 meter lebih.

Ukuran lebar bendera yang lebih panjang dari lebar jalan menyebabkan kedua sisi bendara dilipat untuk menyesuaikan lebar jalan. Sepanjang rute bendera diarak cukup mendapat perhatian warga. Meski para pengendara terhalang, namun tak sedikit wara yang bangga menyaksikan bendera kebangaan indonesoa diarak malah ikut jadi penonton.

Ihsan, menyebutkan, kegiatan mengarak bendera dari bumi lasinrang hinga ke puncak gung paleteang, adalah merupakan upaya memupuk semnagat dan patriotis di kalangan generasi jdah yang selam ini makin terkikis. Pengibaranbendera raksasa di atas gunung diharapkan bisa mengetuk hati dan semagat nasionalisme warga dan siapa saja yang menyaksikan bendera kebanggaan Indonesia dikibarkan.

Bendera terbesar dan dan terpanjang yang pernah dikibarkan warga di sejumlah puncak gunung di indonesia maupun dunia ini layak mendapat rekor muri.

Rencananya ratusan warga dan pemuda ini akan menggelar upacara bertepatan dnegan peringatan hut Proklamasi 17 agustus Jumat besok persis di puncak gunung. Rencananya bendera kebanggaan warga Pinrang ini akan dikibarkan selama tiga hari puncak gunung Paleteang sebelum diturunkan sabtu mendapatang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar