Jumat, 16 Desember 2011

Lezatnya Masakan Sehat tanpa Penyedap Rasa


Masakan Sehat. Anda terbiasa menikmati makanan lezat dengan aneka penyedap rasa yang tidak higienis bagi kesehatan?. Kini saatnya anda beralih mengkonsumsi masakan lesat dan gurih tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Di Polewali mandar, Sulawesi barat ratusan ibu-ibu rumah tangga berlomba menyajikan aneka masakan tradisonal yang sehat tanpa menggunakan penyedap rasa. Kemampuan meracik konposisi bahan dan bumbu yang pas tanpa bahan msg, ternyata bisa menghasilkan aneka masakan dan kue yang lezat dan gurih. Hanya dengan menggunakan gula dan garam sebagai pengganti penyedap rasa, para peserta mampu menyajikan aneka masakan yang mengundang selera panitia dan penonton yang menyaksikan perlombaan ini.
Ratusan ibu-ibu rumah tangga dari 16 kecamatan di Polewali mandar ini berlomba menyajikan aneka masakan dan kue tradisonal yang lezat dan gurih. Yang nenarik masakan yang mengudang selera ini tidak satu pun menggunakan penyedap rasa atau msg. Dengan perpaduan bahan baku masakan dengan bumbu berupa gula arena tau gula pasir dan garam sebagai pengganti penyedap rasa, ternyata ibu-ibu bisa menawarkan aneka masakan dan kue tradisonal yang lezat dan gurih.

Aneka masakan yang disajikan ala restoran atau hotel berbintang ini ternyata bahan bakunya cukup murah. Dengan memanfaatkan aneka hasil pertanian di wilayah kecamatan mereka masing-masing para ibu-ibu kreatif ini bisa menghadirkan aneka menu masakan dan kue yang tak kalah lezatnya dengan masakan restoran atau hotel berbintang.

Penggunaan wadah dan cara menyajikannya pun cukup unik. Sup jagung dan ayam kampung yang diracik dengan aneka bumbu tanpa penyedap rasa ini disajikan menggunakan wadah dari buah labu yang telah dibersihkan isinya. Sedang minuman jus buah disajikan menggunakan wadah dari buah semangka. Melihat saja anda sudah tertarik untuk mencicipinya.

Andi Mahadiana Jabbar, salah satu peserta lomba masak sehat yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Polewali mandar menyatakan sudah saatnya warga menghentikan kebiasaan mengkonsumsi masakan yang menggunakan penyedap rasa atau bahan kimia berbahaya bagi kesehatan. “Dengan menggunakan bahan-bahan lokal seperti gula pasir atau gula aren dan garam para ibu-ibu bisa menyajikan aneka masakan yang sehat dan lezat tanpa menggunakan bahan penyedap rasa,”Andi mahadiana Jabbar, salah satu peserta lomba masak sehat.








Panitia dan dewan juri menyambut positif kreasi para ibu-ibu yang berupaya menciptakan aneka makanan atau masakan sehat bagi kesehatan. Kreatifitas ibu-ibu rumah tangga di polewali patut diapresiasi. “Membuat masakan lezat dan sehat tak perlu harus menggunakan penyedap rasa dan ini bisa dilakukan ibu-ibu di polewali,”ujar Andi Sani, dewan juri lomba masak sehat.

Menurut Andi Sani, dengan menggunakan bahan gula dan garam sebagai pengganti msg atau penyedap rasa yang menggunakan bahan kimia, para ibu-ibu ternyata mampu menawarkan aneka masakan yang mengundang selera. Karena masing-masing peserta memperlombakan aneka masakan khas di kecamatan masing-masing membuat panitia dan dewan juri bingung menentukan pemenangnya karena masakan yang diperlombakan sama-sama enak dan lezat.

Para penonton yang menyakikan aneka racikan masakan yang diperlombakan para ibu-ibu peserta ini tampak tak tahan menunggu ingin segera mencicipinya. Sayangnya aneka masakan lezat ini baru bisa diperkenankan dicicipi atau dinikamti siapa saja usai dinilia oleh panitia dan dewan juri. (Posted : Edy Junaedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar